Headlines News :
Home » » Sekolah Budi Mulia Dua Yogya Jalin Kerjasama dengan Vladislava Praha

Sekolah Budi Mulia Dua Yogya Jalin Kerjasama dengan Vladislava Praha

Written By Redaksi on Thursday, November 5, 2009 | 1:51 PM

Ditawarkan konsep sekolah kembar antara Sekolah Budi Mulia Dua (BMD) Yogyakarta dan Vladislava Vancury Praha dengan program awal kunjungan sejumlah siswa dan guru BMD ke Praha pada musim gugur tahun depan.

Demikian mengemuka dalam pertemuan Direktur Yayasan Perguruan BMD Yogyakarta Siti Nurnisa Dewanta bersama rombongan dengan Kepala Sekolah Vladislava Vancury, Jiri Kovarik dan stafnya di Praha dalam rangka merintis kerjasama sekolah kembar, Senin (2/11/2009).

Sebagai imbal balik, Siti Nurnisa menawarkan program kunjungan balasan bagi guru dan siswa Vladislava Vancury ke BMD di Yogyakarta.

Menurut Siti Nurnisa, meskipun BMD baru berusia 22 tahun, namun sekolah dengan 3.000 siswa tersebut memiliki program belajar lengkap dan menarik dengan berbagai aktivitas ekstra kulikulernya.

Sementara itu Kepala SMA BMD Yogyakarta Junita Arfani juga menyampaikan harapannya agar siswa-siswa dari sekolahnya dapat berkunjung ke Zbraslav selama beberapa hari untuk mengikuti proses belajar di sekolah tersebut.

Selama berada di sekolah Ceko itu, menurut rencana mereka akan memperkenalkan Indonesia, terutama Yogyakarta, melalui kegiatan seni budaya. Siswa-siswi BMD akan mengusung kesenian tradisional seperti pementasan angklung, gamelan, dan tarian tradisional serta menampilkan kemampuan dalang cilik.

Mereka juga akan mengajarkan berbagai permainan tradisional anak-anak Indonesia kepada teman-teman baru di sekolah Ceko itu.

Jiri Kovarik menerima tawaran tersebut dan menyatakan kegembiraannya karena program sekolah kembar ini baru pertama kali bagi sekolah Vladislava Vancury Praha yang dipimpinnya.

Kovarik bahkan menawarkan kepada siswa-siswa BMD untuk tinggal dengan keluarga setempat selama beberapa hari berada di Zbraslav.

Terobosan

Siti Nurnisa mengatakan bahwa kerjasama dengan Sekolah Vladislava Vancury ini merupakan terobosan pertama pihaknya di Eropa. Sebelumnya mereka telah membuat kerjasama dengan Inuyama Junior High School di kota Inuyama, Jepang.

Dikatakan bahwa tujuan membuka kerjasama dengan sekolah di Eropa itu adalah sesuai dengan moto sekolah BMD untuk menjadikan siswa-siswinya sebagai warga dunia.

Selama satu hari kunjungan, para pengurus Yayasan Perguruan BMD diajak meninjau sistem belajar mengajar dalam kelas di Vladislava Vancury. Rombongan dari Yogyakarta ini diberi kesempatan berinteraksi dengan murid murid Sekolah Vladislava Vancury yang tengah belajar Bahasa Inggris.

P to P

Kerjasama sekolah kembar BMD Yogyakarta dengan Vladislava Vancury menurut Korfungsi Pensosbud Azis Nurwahyudi akan semakin mengeratkan hubungan siswa Ceko dan Indonesia.

"Bagi KBRI Praha, kegiatan tersebut merupakan implementasi dari kebijakan pemerintah untuk semakin mendekatkan hubungan people-to-people contact antara Ceko dengan Indonesia," terang Azis.

Ditambahkan bahwa kerjasama di bidang pendidikan menengah ini juga melengkapi semua kegiatan yang diselenggarakan oleh KBRI Praha bidang sosial kebudayaan, olahraga, pariwisata dan penguatan hubungan bilateral di bidang politik dan ekonomi.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Who We Are

About

Alternate Name: STASPRO. Type: Suborbital Launch Site. Country: Indonesia. Latitude: -7.64635 deg. Longitude: 107.68822 deg.

Sounding rocket launch location known to have been used for 10 launches from 1965 to 2005, reaching up to 191 kilometers altitude.

Pandansimo

Label

bantul (2) berita (4) indonesia (12) internasional (1) lapan (4) Pameungpeuk (7) pesawat (2) roket (8) satellite (3) sejarah (1) spaceport (15) uav (1)

Entri Populer

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Pameungpeuk - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template