Headlines News :
Home » , » Indosat Satukan Cinta Negeri dengan Layanan Satelit PALAPA-D

Indosat Satukan Cinta Negeri dengan Layanan Satelit PALAPA-D

Written By Redaksi on Wednesday, June 30, 2010 | 10:14 AM

Mewujudkan komitmen dan cinta kepada negeri melalui layanan telekomunikasi, PT Indosat Tbk (Indosat) meresmikan Gedung Satelit PALAPA di Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat. Peresmian dilakukan oleh Direktur Kelembagaan Internasional Dirjen Postel Ikhsan Baidirus, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Komisaris Utama Indosat H.E. Sheikh Abdullah Bin Mohammed Bin Saud Al Thani dan President Director & Chief Executive Officer (CEO) Indosat Harry Sasongko.

Peresmian ini merupakan bagian dari rangkaian rencana perusahaan untuk meluncurkan Satelit PALAPA-D yang akan dilaksanakan di akhir Agustus 2009. Gedung Satelit PALAPA yang baru saja diresmikan akan menjadi lokasi pengendali dan pengawas trafik Satelit PALAPA-D serta pemeliharaan (maintenance) perangkat satelit.

“Peresmian sarana infrastruktur satelit berupa Gedung Satelit PALAPA ini merupakan wujud komitmen kami untuk menyediakan sarana telekomunikasi yang dapat menghubungkan seluruh wilayah Nusantara sekaligus dunia internasional. Kami bangga menjadi user yang menghadirkan teknologi terkini dari satelit yang kami persembahkan bagi negeri, pelanggan dan masyarakat Indonesia,” demikian disampaikan Harry Sasongko, President Director & CEO Indosat.

Gedung Satelit PALAPA seluas 2.500 m2 ini yang berdiri di areal Stasiun Bumi Indosat di Jatiluhur, Purwakarta, merupakan bangunan dua lantai yang terdiri dari berbagai ruang pengendali dan pengawas, seperti Ruang Control Communication, Ruang Control Satelit, Ruang Base Band & Intermediate Frequency, Ruang Shelter, Ruang Workshop, Ruang Kerja Staf dan Ruang Istirahat.

Ruang Control Communication berfungsi sebagai ruang pengawas dan pengendali trafik, Ruang Control Satelit berfungsi sebagai ruang guard dan pengendali Satelit PALAPA–D. Sementara itu Ruang Base Band & Intermediate Frequency merupakan ruang pengendali seluruh perangkat kontrol satelit/trafik melalui komputer.

Satelit PALAPA-D merupakan satelit milik Indosat yang akan menggantikan Satelit PALAPA-C2 yang masa operasionalnya berakhir pada tahun 2011 di Slot 113ยบ BT. Indosat telah menunjuk Thales Alenia Space France (TASF) sebagai mitra pengadaan dan peluncuran Satelit PALAPA-D yang akan memiliki masa operasi selama fifteen tahun. Berdasarkan Thales Alenia Space Spacebus 4000B3 platform, Satelit PALAPA-D akan memiliki kapasitas lebih besar dibandingkan PALAPA-C2, yaitu 40 transponder yang terdiri dari twenty-four standar C-band, eleven lengthened C-Band serta 5 Ku-band, dengan jangkauan mencakup Indonesia, negara-negara ASEAN, Asia, Timur Tengah dan Australia. Satelit PALAPA-D akan diluncurkan pada akhir Agustus 2009, dengan beban 4,1 ton dan tenaga cargo sebesar 6.4 kW.

”Peluncuran Satelit PALAPA-D merupakan wujud komitmen kami dalam memberikan pelayanan terbaik dan berkesinambungan bagi pelanggan pengguna layanan satelit yang sebagian besar adalah broadcaster televisi, penyedia jasa VSAT serta pelanggan korporat lainnya. Seperti halnya Satelit PALAPA-C2, Satelit PALAPA-D juga akan kami manfaatkan sebagai fortitude untuk mendukung layanan Indosat lainnya seperti seluler, telepon tetap dan interpretation tetap,” tambah Harry Sasongko.

Layanan dari satelit PALAPA-D yang disediakan Indosat antara lain adalah Transponder Lease untuk layanan report dan mobile backhaul sebagai simple service, VSAT service, DigiBouquet dan Telecast Service sebagai nilai tambah yang semuanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan korporasi dalam komunikasi interpretation dan broadcasting.

Layanan satelit ini melengkapi dan memberikan nilai tambah dari layanan jaringan terestrial dan komunikasi voice dan data.yang telah dijalankan Indosat selama ini. Disamping itu, Indosat juga mengembangkan layanan Internet Broadband around Satellite dan Data Broadcasting untuk distribusi koneksi Internet kecepatan tinggi yang mampu menjangkau wilayah yang tidak tercakup jaringan terestrial.

Segmen pelanggan yang memanfaatkan layanan ini antara lain broadcaster televisi/radio baik lokal, nasional dan internasional, penyedia jasa VSAT lainnya, ISP, dan korporasi sebagai pengguna langsung, serta Indosat Grup sendiri (seluler, bound telecommunication dan anak perusahaan).
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Who We Are

About

Alternate Name: STASPRO. Type: Suborbital Launch Site. Country: Indonesia. Latitude: -7.64635 deg. Longitude: 107.68822 deg.

Sounding rocket launch location known to have been used for 10 launches from 1965 to 2005, reaching up to 191 kilometers altitude.

Pandansimo

Label

bantul (2) berita (4) indonesia (12) internasional (1) lapan (4) Pameungpeuk (7) pesawat (2) roket (8) satellite (3) sejarah (1) spaceport (15) uav (1)

Entri Populer

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Pameungpeuk - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template