Headlines News :
Home » » Pantau Cuaca, Indonesia akan Buat Satelit Senilai Rp 2 Triliun

Pantau Cuaca, Indonesia akan Buat Satelit Senilai Rp 2 Triliun

Written By Redaksi on Saturday, September 14, 2013 | 9:14 AM

Untuk memantau perubahan iklim saat ini dibutuhkan teknologi antariksa. Salah satunya, satelit metrologi. Namun, hingga saat ini Indonesia belum memiliki satelit tersebut.
Menurut Kepala Lapan, Bambang Tejasukmana, Indonesia akan membuat satelit dengan kapasitas yang lebih besar, yakni mencapai 1 ton. Investasi yang dibutuhkan untuk membangun satelit ini, mencapai Rp 2 triliun. Karena anggarannya besar, saat ini pemerintah sedang mencari industri yang akan membuat satelit tersebut.
''Satelit ini, dibuat untuk penginderaan jarak jauh berbagai misi. Bisa untuk ketahanan pangan, pemantauan panen, hutan, memantau daerah aliran sungai dan lain-lain,'' kata Bambang di acara Konferensi Internasional tentang Aplikasi Teknologi Antariksa untuk Perubahan Iklim, Senin (2/9) .
Menurut Bambang, satelit tersebut ditargetkan bisa dibuat pada 2019. Saat ini, masih dalam tahapan pengembangan Lapan. Indonesia, membuat ini karena ingin mengembangkan satelit yang lbh kuat.
Bambang mengatakan Lapan ditunjuk sebagai lembaga teknis untuk pembuatan satelit ini. Tapi, ini adalah proyek nasional Indonesia. Saat ini, pemerintah masih mencari industri yang akan menjalankan proyek ini.
Lantaran kapasitasnya sudah 1 ton diperlukan investasi yang tinggi maka industri yang harus mengerjakan. Selama ini, Lapan hanya membuat satelit kapasitas kecil dengan investasi sekitar Rp 50 miliar.
''Industri nasional yang punya potensi menggarap ini, PT Len dan PT DI. Itu potensi, nanti kita pilih siapa yang akan buat satelitnya,'' ujar Bambang.
Dikatakannya, Indonesia sampai saat ini belum memiliki satelit metrologi. Jadi, satelit berkapasitas besar tersebut harus dikembangkan. Beberapa satelit yang sudah dibuat Lapan, adalah satelit Tubsad kapasitas 57 kg. Lalu, sekarang Lapan sedang membuat satu satelit lagi di Bogor.
Rencananya, satelit bernama Lapan A2 ini akan diluncurkan dengan menggunakan satelit India tahun depan. Kapasitasnya, naik sedikit dari berat satelit sebelumnya yang hanya 57 kg. Satelit ini akan dilengkapi dengan sensor untuk memantau pergerakan kapal dilaut yang dikenal dengan automatic indentification sistem (AIS).

Sumber: ROL
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Who We Are

About

Alternate Name: STASPRO. Type: Suborbital Launch Site. Country: Indonesia. Latitude: -7.64635 deg. Longitude: 107.68822 deg.

Sounding rocket launch location known to have been used for 10 launches from 1965 to 2005, reaching up to 191 kilometers altitude.

Pandansimo

Label

bantul (2) berita (4) indonesia (12) internasional (1) lapan (4) Pameungpeuk (7) pesawat (2) roket (8) satellite (3) sejarah (1) spaceport (15) uav (1)

Entri Populer

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Pameungpeuk - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template